Permainan yang Bisa Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak

Permainan yang Bisa Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak




Bahasa merupakan alat komunikasi manusia, penguasaan sebuah bahasa adalah hasil dari proses pembiasaan yang dilakukan secara terus menerus. Pembiasaan ini meliputi pengucapan, mendengarkan, ataupun penghafalan sebuah bahasa, jadi semakin sering dibiasakan maka penguasaan terhadap suatu bahasa akan semakin bagus pula.

Bahasa juga merupakan sebuah keterampilan. Oleh karena itu, perlulah diasah dengan baik dan konsisten agar tujuan komunikatif dari bahasa dapat tercapai. Adapun keterampilan dalam berbahasa meliputi keterampilan menyimak, berbicara, membaca dan menulis.

Saat yang tepat untuk melakukan pembiasaan ini adalah pada masa kanak-kanak, dan pada masa ini memberikan pelajaran bahasa dengan cara yang terlalu serius kemungkinan besar tidak akan berhasil dikarenakan mereka belum siap dan justru mereka lebih cepat belajar dari sesuatu yang bersifat menyenangkan dan salah satunya melalui permainan.

Ada banyak jenis permainan yang bisa disuguhkan kepada anak untuk merangsang perkembangan berbahasanya, diantaranya:

Pertama, permainan kosa kata. Permainan ini bertujuan untuk memperbanyak kosa kata dan daya ingat anak terhadap bahasa. Alat yang dibutuhkan untuk permainan ini sangat sederhana. Kita hanya butuh kertas yang dibentuk menjadi huruf-huruf. Kemudian berikan kepada anak 6 huruf saja secara acak dan dengan enam huruf acak tersebut si anak ditugaskan untuk menyusun kata sebanyak-banyaknya dan satu kata minimal terdiri dari 3 sampai 6 huruf.

Kedua, permainan tebak kata. Permainan ini tujuannya sama dengan permainan pertama hanya saja cara bermainnya yang beda, dalam permainan ini anak diberikan sebuah kata yang hanya terdiri dari beberapa huruf saja, kemudian tugas anak adalah menebak kata yang sesuai berdasarkan petunjuk yang diberikan. Contoh: L_M_U petunjuk: digunakan untuk menerangi kamar.

Ketiga, cocokkan kartu. Untuk memainkan permainan ini, dibutuhkan beberapa pasang kartu. Kartu pertama merupakan gambar sebuah objek, dan kartu kedua adalah nama dari objek-objek pada kartu pertama. Dalam permainan ini, semua kartu di gabung dan di acak, lalu anak di tugaskan untuk mencari pasangan kartu yang tepat.

Contoh diatas hanyalah contoh sederhana dan dasar untuk sebuah permainan bahasa. masih banyak lagi permainan bahasa yang menarik dan menyenangkan. Kita juga bisa mengembangkan sendiri permainan bahasa ini sesuai dengan kebutuhan dan menyesuaikannya dengan keadaan anak.

Pembelajaran bahasa pada anak haruslah dilakukan dengan metode yang menyenangkan dan tidak menegangkan tentunya. Dan metode yang menyenangkan dan selalu berhasil adalah metode pembelajaran bahasa melalui permainan. Mengapa demikian? Jawabannya sudah tentu karena bermain adalah pekerjaan anak-anak yang berkontribusi pada setiap aspek perkembangan anak itu sendiri.

Anak-anak menstimulasi inderanya, belajar bagaimana menggunakan ototnya, mengkoordinasikan penglihatan dengan gerakan, meningkatkan kemampuan tubuh, dan mendapatkan keterampilan baru, serta mendapatkan gambaran dari dunia yang ia amati. Untuk itulah pembelajaran bahasa melalui permainan ini dirasa sangat penting dan hendaknya diutamakan.



0 komentar:

coment after read! and comment with ethic!
habis baca jangan lupa comment! comment dengan etika

Recommended Videos

Loading...

Follow by Email | ikuti melalui email